Mengenal Games Rating

Pernahkan anda perhatikan bahwa setiap game-game yang beredar di pasaran mempunyai rating berdasarkan usia pemakai? saya yakin, di indonesia tidak lebih dari 10% orang tua yang memperhatikan rating pada
game-game yang anak mereka mainkan. Rating pada game sangat penting sekali karena dapat mempengaruhi psikologis si anak itu sendiri. Selain itu bisa berakibat negatif jika game-game dewasa dimainkan oleh anak-anak di bawah umur. Mungkin game tersebut mempunyai unsur-unsur kekerasan, sex, alcohol dan juga yang mengandung narkotika yang tidak cocok di mainkan oleh anak-anak.

Tenyata di dunia ini ada salah satu organisasi nirlaba yang bernama The Entertainment Software Rating Board di singkat ESRB yang bertugas memberi ‘penilain’ terhadap game-game dan menentukan rating game tersebut berdasarkan content-nya. berikut rating-rating game yang di keluarkan oleh ESRB antara lain :



1. EARLY CHILDHOOD di singkat EC game ini cocok untuk anak-anak usia 3 tahun ke atas karena memang dalam game ini tidak mengandung unsu-unsur kekerasan atau juga selebihnya jadi orang tua tidak perlu kawatir.

2. EVERYONE di singkat E gama ini cocok untuk anak-anak 6 tahun ke atas, game ini sudah mengandung unsur kekerasan walupun masih kecil sekali, beberapa unsur komic kejahatan(nakal), dan kata-kata yang halus.

3. EVERYONE 10+ ingkat E10+ game ini cocok untuk anak-anak usia 10 tahun ke atas, sudah berisi banyak kartun-kartun, kekerasan yang halus dan tema yang sugestif.

4. TEEN di singakt T game ini cocok untuk anak-anak usia 13 tahun ke atas, game ini sudah mengandung unsur kejahatan dan bahasa yang halus sampai yang kasar.

5. MATURE di singkat M game ini cocok untuk usia anak 17 tahun ke atas, game ini sudah mengandung unsur sex, kekerasan dan kata-kata yang kasar.

6. ADULT ONLY di singkat AO pada game ini sudah di pastikan terdapat unsur sex, kekerasan dan kata-kata yang kasar di sarankan agar game ini tidak di mainkan oleh anak di bawah 18 tahun.

7. Rating Pending di singkat RP Game ini adalah game-game yang sudah mendaftarkan diri ke ESRB tetapi belum keluar hasil ratingnya.

8. KIDS TO ADULT di singkat K-A game ini cocok untuk anak 6 ahun ke atas, game ini sudah berisi sedikit kekerasan, kenakanalan dan kata-kata kasar. Kode ini sudah lama tidak di gunakan lagi mungkin marena memang karakteristiknya sama seperti kode EVERYONE.

Karena pentingnya rating game itu sendiri, di harapkan para orang tua dari sekarang untuk mulai lebih perhatian kepada game(permain-permainan) yang di mainkan oleh anak-anak. Telitilah apakah game yang mereka mainkan sudah sesuai dengan umur mereka? karena bagaimanapun sebuah game dapat mempengaruhi kejiawaan atau psikologis anak itu sendiri. “Sayangilah anak-anak kita” :)

Sumber : Windows 7 Parental Control.pdf by Andik Susilo

0 komentar:

Posting Komentar